Thursday, July 19, 2018

Review Lengkap Daihatsu Sirion Facelift 2015


Seperti kita tahu, kompetisi di segmen city car Indonesia sungguh-sungguh sengit, terpenting di kelas ini bertengger para pemain kuat. Di kelas mesin1.200 cchingga 1.300 cc dihuni oleh banyakmerek-merek bekensepertiToyotaEtiosdanHondaBrio, belum lagi ditambahpesaing asal Korea seperti KIAPicantoatauHyundai Grandi10 yang masing-masing bertarung kuat memperebutkan hati konsumennya.  Sebagaicity caryangditujukanuntuk orang-orang yang berjiwa muda mapunkeluarga muda sebagai target pasarnya, penampilan yaitu segalanya. Danmenurut kami, kalau Daihatsu ingin menyasar pangsa pasar kaum muda, mereka sudah sukses merubah wajah Sirionmenjadi lebih fresh dan lebih berjiwa muda.

Pada produk Daihatsu lain, lazimnya mereka mengaplikasikan banyakunsur chrome, tapi di Sirion terbaru kali ini, anda dapat lihat sendiri, faktor chrome hanya ada di emblem logo, pegangan pintu dan list pada side body moulding. Ini menjadikan Sirion tampil lebih sporty.


Aura sporty yang paling kental terang tampak pada bagian wajah mobil ini, bumper depan yang di dominasi warna hitam pada bidang pemisah antara grill dan lubang air dam, grill baru dengan wujud heksagonal, bumper lebih rendah yang pada bagian bawahnya sudah seperti front lip yang aerodinamis jadi penguat kesan sporty di mobil ini.

Belum beres hingga disitu saja, karena Daihatsu mempercantik bumper depan dengan detailing unik berupa garis hitam penghubung antara kedua foglampnya. Anda mungkin dapat mengevaluasi sendiri, tampilan depan Sirion 2015 ini jadi beda, jauh lebih ‘muda’ dan sporty dibanding Sirion lama bukan?

Untuk mendukung tampilan depannya yang sudah berubah sempurna, Daihatsu mendesain ulang lampu Sirion baru menjadi lebih berkarakter komplit dengan projector headlight, tapi sayangnya belum HID, tapi sedikitnya dapat terobati dengan hadirnya LED stripe position light atau lampu senja dan bukan DRL yang terpasang menawan di bagian bawah rumah lampu, meniru lekuknya. Ada satu hal unik, coba deh perhatikan bulatan kecil di pojok bumper depan, apakah itu?

Ya itu yaitu sensor parkir depan dan menjadikan Sirion pertama di kelasnya yang dilengkapi fitur parking sensor ini. Rival sekelas dari Honda yang harganya lebih mahal pun belum mendapatkan sensor parkir depan. Pun untuk sensor parkir belakang pada hatchback dari Honda semisal, si pembeli patut merayu sales supaya dapat mendapatkannya.

Oke kita kembali lagi ke Sirion, dari samping, barulah ketahuan kalau Daihatsu hanya merubah sempurna bagian depannya saja, hal ini tampak pada bagian sampingnya yang tak berubah sama sekali dari versi terdahulunya. Yang ditambahkan hanya side body moulding baru dengan sedikit lis chrome, door handle chrome dan ada side skirt untuk memberi kesan ceper pada mobil ini. Huft, untung deh kalau chromenya nggak berlebihan dan norak kali ini.

Velg nya juga didesain baru, desainnya lumayan keren hakekatnya, tapi sedikit disayangkan karena tak ada aksen two tone seperti rivalnya dari Korea yang velg nya sudah dilengkapi warna two tone dengan finishing stainless. Tapi ini cukup berdalih, karena Daihatsu memang ingin mengangkat kesan sporty dari New Sirion.

Ada yang menarik, lazimnya side visor atau lazim disebut talang air yaitu aksesoris tambahan yang patut dibeli secara terpisah, tapi di Daihatsu Sirion terbaru, sudah menjadi perlengkapan standar saat membeli mobil ini dari dealer. Meski remeh, tapi Daihatsu begitu memandang hal ini, karena beberapa konsumen di Indonesia sungguh-sungguh menyukai mobilnya dipasangi aksesoris seperti ini. Lampu sein sampingnya masih menempel di spion seperti versi sebelumnya.

Di belakang, kita akan menemukan lampu belakang denga mika berwarna clear alias bening yang dihiasi lampu LED sebagai standar, bukan aksesori tambahan. Sekadar intermezzo, lampu bermika bening ini mengingatkan kami akan Toyota Altezza dan Toyota Fortuner yang juga punya mika bening untuk lampu belakangnya. Oh ya, ada juga roof spoiler yang sudah standar di Sirion facelift.

Supaya selaras dengan bagian depannya, bumper belakang pun mendapat sentuhan desain baru yang stylish meniru tren mobil berpenampilan sporty saat ini, dengan aksen hitam seperti lubang angin di kanan kirinya mirip seperti milik Honda Jazz yang dilengkapi dengan lampu reflektor berbentuk horizontal. Dibagian tengah bawahnya sudah terdapat diffuser dan muffler cutter chrome yang secara keseluruhan perubahannya ini makin mengentalkan kesan sporty.

No comments:

Post a Comment

Pilih KKB Syariah atau KKB Konvensional

Perkembangan dunia perbankan di Indonesia terbilang cukup pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah bank dan jangkauan bank yang k...